Wednesday, April 5, 2017

PEMANASAN GLOBAL : PENYEBAB,DAMPAK, DAN SOLUSINYA


Pemanasan global (Global Warming) adalah peristiwa meningkatnya suhu rata-rata pada atmosfer dan permukaan bumi. Menurut berbagai penelitian, pada saat ini suhu dipermukaan bumi sudah menunjukkan peningkatan yang sangat drastis, yaitu sekitar 0,6 derajat celcius yang terjadi dalam satu abad terakhir. Peningkatan yang terbilang dan terlihat kecil, namun dampak pemanasan global sangat besar bagi bumi dan kehidupan dibumi, yakk langsung aja dilihat:

1.PENYEBAB PEMANASAN GLOBAL

A.Efek Rumah Kaca

Segala sumber yang terdapat dibumi berasal dari matahari. Permukaan bumi akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Akan tetapi, sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer di bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca, antara lain : uap air, karbon dioksida, sulfur dioksida, dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan dipermukaan bumi.

B.Efek Umpan Balik

Penyebab pemanasan global juga dipengaruhi oleh berbagai proses umpan balik yang dihasilkannya. Sebagai contoh adalah pada penguapan air. Karena uap air sendiri merupakan gas rumah kaca, pemanasan akan terus berlanjut dan menambah jumlah uap air diudara sampai tercapainya suatu kesetimbangan konsentrasi uap air. Umpan balik ini hanya berdampak secara perlahan-lahan karena CO2 memiliki usia yang panjang di atmosfer.

C.Pengunaan CFC Yang Tidak Terkontrol

CFC atau Chlorp Fluoro Carbon adalah bahan kimia yang digabungkan menjadi sebuah bahan untuk memproduksi peralatan, terkhusus pada peralatan rumah tangga. CFC terdapat pada AC dan kulkas.

D.Pembakaran Sampah Secara Berlebihan

Pembakaran sampah berlebihan yang dilakukan secara massal akan meyebabkan terjadinya pemanasan global karena hasil dari pembakaran sampah tersebut adalah gas metana yang dapat merangkap gas.

E.Pemborosan Energi Listrik

Energi listrik yang sebagian besar kita gunakan adalah hasil pembakaran dari pembakaran minyak bumi dan batu bara, dimana hasil pembakaran tersebut menghasilkan karbon dioksida.

2.DAMPAK PEMANASAN GLOBAL

Pemanasan global mempunyai dampak/akibat yang sangat luas yang tentunya memberikan pengaruh pada kehidupan dibumi, terutama kehidupan manusia. Dampak pemanasan global sebagai berikut:

A.Gunung-gunung es akan mencair
B.Curah hujan akan meningkat dan badai sering terjadi
C.Air tanah cepat menguap yang akan menyebabkan kekeringan
D.Angin akan tertiup kencang dengan pola yang berbeda-beda yang dapat membentuk angin puting beliung
E.Cuaca jadi sulit diprediksi dan lebih ekstrem, baik hujan yang ekstrem maupun kekeringan yang ekstrem
F.Menyebabkan tsunami,banjir, dan pulau-pulau akan tenggelam
G.Meningkatnya hama pangan akibat dari perubahan iklim

3.SOLUSI PEMANASAN GLOBAL

A.Efisiensi Penggunaan Energi Bahan Bakar Fosil

Terdapat empat sektor utama penggunaan bahan energi, yaitu sektor rumah tangga, komersial,industri, dan transportasi. Kita telah mengetahui bahwa dampak penggunaan energi fosil akan mengakibatkan membengkaknya gas rumah kaca yang secara langsung mempercepat pemanasan global. Oleh karena itu, mulai sejak dini harus diberlakukan efisiensi dalam penggunaan energi fosil agar dampaknya tidak menyebar luas.

B.Mengikat Dan Mendaur Ulang CO2

Dalam peroses fotosintesis CO2 diolah menjadi gula dengan bantuan cahanya matahari sebagai sumber energinya. Dalam proses pernafasan terjadi sebaliknya dalam tubuh memerlukan energi untuk pembakaran. Kedua proses tersebut berjalan bersamaan, yang secara alamiah menyatakan hasil proses fotosintesis lebih besar dibanding dengan proses pernafasan. Oleh karena itu jumlah CO2 yang diserap jauh lebih besar, berarti peroses fotosintesis membantu dalam mengurangi jumlah CO2 pada atmosfer>

C.Pengendalian Pemanfaatan Hutan Yang Tidak Terkontrol

Akibat penebangan hutan adalah mengurangi jumlah biomassa yang berperan sebagai pengikat CO2. Meskipun demikian, akan dinilai wajar apabila terciptanya keseimbangan antara biomassa yang diproduksi dengan biomassa yang dibangun. Pencemaran CO2 cenderung dapat dikendalikan. Berbeda halnya dengan pembangunan hutan tanaman industri dimana lahan yang dibuka relatif luas dan melakukan pembakaran yang tidak terkontrol hingga menyebabkan pencemaran udara yang cenderung mendukung pemanasan global.

D.Peningkatan Reboisasi Dan Penghijauan

Kegiatan penghijauan selain memperbaiki kerusakan tanah, juga merupakan sumber oksigen yang diperoleh dari prosespengikatan (penyerapan) CO2 dialam bebas. Semakin luas implementasi reboisasi yang dibangun akan memberikan efektifitas terkendalinya efek rumah kaca. Dengan reboisasi dan penghijauan, selain memberikan manfaat terhadap pengendalian efek rumah kaca, juga bermanfaat dalam hal pemulihan dan peningkatan produktivitas lahan.

E.Penggunaan Energi Nuklir Sebagai Energi Alternatif

Berdasarka data IAEA(International Atomic Energy Agency), polusi yang dihasilkan oleh pembangkit listrik paling banyak bersumber pada pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar fosil yaitu: batu bara, minyak bumi, solar, dan gas alam. Hal ini menunjukkan bahwa diantara berbagai jenis energi listrik yang saat ini ada, nuklir merupakan pembangkit yang bersih dan ramah lingkungan sehingga dapat digolongkan ke green energy. oke sekian dulu

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

JANGAN LUPA FOLLOW MY INSTAGRAM
instagram