Saturday, July 8, 2017

TIPS MENJAGA KESEHATAN MATA


hallo what's up gays, bagaimana kabar kalian? semoga sehat selalu ya, maaf ni sudah lama ngk update. Kali ini saya membahas kesehatan mata yang penting banget buat kita semua, apalagi yang suka sama gadged harus hati-hati nih ya. Mata adalah suatu struktur sferis berisi cairan yang dibungkus oleh 3 lapisan dari luar ke dalam yang merupakan organ pengelihatan yang mendeteksi cahaya. Yang dilakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya gelap atau terang.



PENYAKIT MATA

1.Miopi : Miopi merupakan jenis penyakit mata yang membuat seseorang tidak bisa melihat benda pada jarak jauh, biasanya terjadi pada pelajar.

2.Presbiopi : Presbiopi merupakan jenis penyakit mata yang membuat seseorsng tidak bisa melihat benda pada jarak dekat maupun jarak jauh.

3.Buta Warna : Buta warna merupakan suatu kondisi dimana seseorang sama sekali tidak dapat membedakan warna, yang dapat dilihat hanyalah hitam, abu2, putih.

4.Rabun Senja : Rabun Senja merupakan penyakit mata yang disebabkan karena kekurangan vitamin A, penderita biasanya tidak bisa melihat pada sore hari saja.

5.Konjungtivitis : Konjungtivitis merupakan jenis penyakit mata yang disebabkan oleh iritasi atau peradangan akibat infeksi di bagian selaput yang melapisi mata, penyakit ini menular.

6.Trakoma : Trakoma merupakan infeksi pada mata yang disebabkan bakteri Chlamydia trachomatis yang berkembang biak dilingkungan yang kotor atau bersanitasi buruk, penyakit ini menular.

7.Selulitis Orbitalis : Selulitis Orbitalis (SO) merupakan jenis penyakit mata akibat peradangan pada jaringan disekitar bola mata.

8.Blefaritis : Blefaritis merupakan peradangan yang terjadi pada kelopak mata akibat produksi minyak berblebihan dan berasal dari lapisan mata.

9.Dakrosistitis : Dakrisistitis merupakan merupakan jenis penyakit mata yang disebabkan penyumbatan pada duktus nasolakrimalis (saluran yang mengalirkan air mata ke hidung)

10.Dakriosistitis : Dakriosistitis merupkan jenis menyakit mata dimana suatu infeksi pada sakus lakrimalis atau saluran air mata yang berada didekat hidung.

11.Katarak : Katarak merupakan sejenis kerusakan mata yang menyebabkan lensa mata berselaput dan rabun. Lensa mata menjadi keruh dan cahaya tidak dapat menembusinya, bervariasi sesuai tingkatannya dari sedikit sampai keburaman total dan menghalangi cahaya.

12.Koloboma : Koloboma istilah yang menggambarkan lubang yang terdapat pada struktur mata, seperti lensa mata, kelopak mata, iris, retina, koroid, atau diskus optikus.

FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN PENYAKIT PADA MATA

1.Merokok : Rokok mengandung banyak zat kimia yang merugikan bagian sensitif dari retina yaitu makula, saat sel-sel makula mati maka resiko kerusakan mata lebih besar terjadi.

2.Mengerutkan Mata : Tanpa kita sadari mengerutkan mata saat mata kita lelah membuat tekanan otot-otot sekitar mata mengalami kerusakan. Akibatnya terjadi gangguan pengelihatan

3.Interaksi langsung sinar UV : Berinteraksi langsung dengan sinar ultraviolet membahayakan mata, karena kornea mata bisa terbakar dan merusak lensa mata serta retina. Selain itu juga meningkatkan resiko katarak.

4.Tekanan darah tinggi : Darah tinggi yang tidak diobati dengan benar bisa membahayakan mata. Kondisi ini dapat merusak pembuluh darah diretina, yakni daerah belakang mata yang berguna memfokuskan gambar. Penyakit ini juga disebut retinopati hipertensi.

5. Menderita Diabetes : Diabetes juga bisa mengakibatkan mata terserang penyakit glukoma, yang mengakibatkan kebutaan dan pengelihatan kabur.

6.Mengonsumsi Alkohol : Alkohol mengakibatkan masalah pada kesehatan mata, seperti melambannya reaksi pupil, penurunan kinerja visual, mata kemerahan, sering migran dan penurunan sensitivitas kontras.

7.Keturunan dan cacat sejak lahir

TIPS PERAWATAN MATA

1.Periksa mata setiap 12 bulan sekali
2.Pakai kacamata anti UV
3.Nutrisi untuk mata
4.Penggunaan cahaya yang cukup
5.Istirahat yang cukup
6.Cari lensa kontak dengan kualitas baik
7.Jika memakai lensa rawatlah dengan baik
8.Pakailah lensa kontak sesuai jadwal
9.Gunakan filter monitor
10.Letakkan kertas kerja agar mudah dibaca saat didepan komputer

oke sekian dulu kawan

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

JANGAN LUPA FOLLOW MY INSTAGRAM
instagram

No comments:

Post a Comment