Friday, March 24, 2017

MACAM-MACAM ALIRAN SENI RUPA


Seni rupa senakin berkembang mengikuti zaman, dizaman sekarang ini ada banyak sekali aliran seni rupa yang berkembang. Seni rupa memiliki banyak aliran dan dibagi menjadi 3 zaman yaitu pramodern, modern, dan postomodern. Yaps kali ini saya nggak akan banyak basa basi langsung saja kita lihat dibawah ini:

1.SENI RUPA PRAMODERN

A.Aliran Primitivisme

Seni rupa ini dinamakan primitif karena dari segi pengungkapannya tampak adanya spontanitas, bentuk-bentuk yang diungkapkannya cenderung ekspresif, dan bukan peniruan dari realitas bentuk alam. Kecenderungan gaya ekspresi tersebut didasari oleh dorongan spiritualitas dan kepentingan magis. Para pelukisnya belum mempertimbangkan rasio mereka dalam berkarya budaya dan tidak pula berfilsafat untuk mendasari karya-karyanya. Mereka berkarya secara intuitif dan emosional. Melalui pendekatan emosional inilah tempaknya mewarnai citra estetis yang cenderung simbolistis karena ungkapan perasaannya dilambangkan oleh simbol-simbol sebagai hasil pemikiran yang naif.

B.Aliran Naturalisme

Aliran naturalisme adalah aliran yang mencintai dan memuja alam dengan segenap isinya. Penganut aliran ini berusaha untuk melukiskan keadaan alam, khususnya dari aspek yang menarik, sehingga lukisan naturalisme selalu bertemakan keindahan alam dan isinya. Monet merupakan salah satu tokoh pelukis naturalisme , tetapi terkadang lukisannya mendekati realisme. Meskipun lukisan Monet mendekati realisme, tetapi sangat berbeda dengan lukisan Gustave Courbert sebgai tokoh realisme. Realisme Courbert bersifat sosialistis yang moralitasnya cukup tinggi, sedangkan realisme Monet cenderung melukiskan yang indah-indah dan amoral, karena prinsip Monet adalah "seni untuk kepentingan seni, bukan untuk apapun". Para pelukis naturalisme dijuluki sebagai pelukis pemandang. Tokoh naturalisme yang berasal dari Inggris adalah Thomas Gainsbrough. Dari Indonesia adalah Basuki Abdullah, Mas Pringadi, Wakidi, dan Abdullah Surya Subroto.

C.Aliran Realisme

Realisme merupakan aliran yang memandang dunia tanpa ilusi, mereka menggunakan penghayatan untuk menemukan dunia. Tokoh realisme dari Prancis yaitu Courbert mengatakan, "tunjukkanlah kepadaku malaikat, maka aku akan melukiskannya". Arti dari perkataan tersebut adalah ia tidak akan melukis sesuatu yang tidak ditunjukkan kepadanya(sesuatu yang tidak nyata). Aliran realisme selalu melukiskan apa yang dijumpai tanpa pandang bulu, idealisasi, distorsi, atau pengolahan-pengolahan lainnya. Guestave Courbet(1819-1877) memandang lukisan sebagai lukisan kongkret. Lukisan-lukisan Courbert selalu menampilkan kenyataan hidup yang pahit seperti lukisan "pemecah batu". Tokoh aliran realisme indonesia adalah Trubus, Tarmizi, Dullah, dan Wardoyo.

D.Aliran Dekorativisme

Corak ini menyederhanakan dengan jalan mengadakan distorsi. Ciri-cirinya bersifat kaku, kegarisan, ritmis, pewarnaan yang merata, dan secara umum mempunyai kecenderungan menghias. Tokoh-tokoh seni rupa dekoratif, antara lain Kartono Judokusumo, Widayat, Suparto, Ratmoyo, Bagong Kussudiarjo, dan Batara Lubis. Seni rupa dekoratif dapat digolongkan menjadi dua sebagai berikut:

-Dekoratif figuratif berhubungan dengan bentuk-bentuk alamiah.
-Dekoratif abstrak bebas dari peniruan alam

2.SENI RUPA MODERN

A.Aliran Pop Art

Aliran pop art atau populer art maksudnya bukan seni yang populer melainkan seni yang menggunakan objek/benda yang populer sebagai subject-matter dan brhubungan dengan imaji kebendaan dilingkungan sehari-hari. Istilah pop art sendiri dilontarkan oleh Lawrence Alloway pada tahun 1956, orang inggris, Kurator N.Y. Gaugenheim Museum. Dia menyatakan bahwa kata pop dipergunakan untuk menyatakan suatu pengertian yang luas, yaitu sikap seniman yang kembali pada kultur massa. Suatu penolakan terhadap snobisme didalam seni dan anggapan bahwa semua yang nyata dan ada seharusnya menjadi seni, walaupun hanya barang biasa bahkan iklan. Pop art baru diakui sebagai gaya senu pada tahun 1964. Tokoh seniman dari aliran pop art adalah Olden Burg, Rosenguist, Andy Warhol, Jim Dine, dan Lichtenstein.

B.Aliran Optical Art

Optical art yang dialihbahasakan menjadi seni optik telah berkembang sebagai salah satu hasil karya seni rupa modern. Seni optik ini didasari oleh hasil penelitian dan penemuan dalam bidang ilmu fisika dan ilmu atonomi manusia. Hasil penelitian dikembangkan menjadi ilmu optik. Seni optik dengan wujudnya yang khas berupa susunan geometris berulang-ulang, merupakan semacam usaha untuk mengeksploitasi kelemahan mata dengan ilusi ruang. Dengan kata lain, aliran optical art adalah seni dua dimensi yang pada umumnya berbentuk abstrak, formal, dan konstruktif melalui wujud yang khas dalam bentuk geometris dan perulangan teratur, rapi, dan teliti sehingga dapat menimbulkan efek-efek optik yang mengecoh mata dengan ilusi ruang. Tokoh seniman yang dikenal sebagai bapak seni optik adalah M.C. Escher.

C.Aliran Konseptual

Istilah konseptual pertama kali dikemukakan oleh Edward Keinholz dan Herru Flint yang berasal dari California , tahun 1960. Seni konseptual adalah suatu paham yang mengutamakan gagasan. Salah satu ciri seni konsep adalah tidak bertujuan komersial. Tokoh-tokoh dalam aliran seni konseptuan adalah Banyong Munni Ardhi, Gendut Riyanto, dan Slamet Riyadi.

D.Aliran Kontemporer

Kontemporer berarti sekarang atau masa kini. Seni kontemporer memiliki masa popularitas tertentu sehingga seni ini dapat dikatakan bersifat temporer. Seni ini dapat dinikmati pada masa populernya dan apabila sudah lewat, masyarakat tidak lagi menyukainya. Karya-karya seni kontemporer pada mulanya muncul di Amerika dan Eropa, seperti lukian karya Andy Warhol dan patung karya Hendri Moore. Belakangan ini, seni kontemporer telah berkembang diberbagai negara yang memiliki gagasan unik dan berupa patung es, lukisan pada tubuh manusia, seni instalasi, dan grafiti. Seni kontemporer adalah salah satu cabang seni yang terpengaruh dampak modernisasi. Kontemporer artinya kekinian.

3.Seni Rupa Postmodern

Postmodern bila diartikan secara harafiah terdiri atas kata post yang artinya masa sesudah dan modern artinya era modern. Postomodern adalah masa sesudah era modern(era diatas tahun 1960-an). Postomodern merupakan suatu aliran baru yang menentang segala kesempurnaan dari modernisme, bahkan tak jaran menentang aturan yang ada dan mencampurkan berbagai macam gaya. Eraposto modern diawali dengan konsep adanya suatu wilayah yang tidak lagi dibatasi oleh suatu negara, melainkan sistem informasi dan komunikasi yang dapat menembus dinding geografis dan politik. Post modern menunjuk kepada suasana intelektual dan sederetan wujud kebudayaan yang meragukan ide-ide, prinsip-prinsip, dan nilai-nilai yang dianut oleh modrnisme. Oke sekian dulu kawan.

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

JANGAN LUPA FOLLOW MY INSTAGRAM
instagram

No comments:

Post a Comment