Monday, November 27, 2017

HAKIKAT IBLIS


Siapa itu iblis? Iblis berasal dari mana? Iblis berasal dari kalangan jin bukan malaikat. Karena pada dasarnya malaikat tidak pernah membangkang terhadap perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sedangkan jin itu diberikan beberapa pilihan hidup oleh Allah, seperti juga halnya yang diberikan kepada manusia. Sebagai ulama membagi makhluk menjadi 3 bagian yaitu setan, jin, dan manusia. Tapi saya tidak sependapat dengan ini,menurut saya pembagian hanya ada 2 saja yaitu manusia dan jin, seperti yang diterangkan dalam suatu ayat yang berbunyi:

سَنَفْرُغُ لَكُمْ أَيُّهَ الثَّقَلَانِ

”Kami akan memperhatikan sepenuhnya kepadamu hai manusia dan jin.”(QS. Ar-Rahman: 31)
Adapun ayat lain menyatakan pula:

وَأَنَّا مِنَّا الْمُسْلِمُونَ وَمِنَّا الْقَاسِطُونَ ۖفَمَنْ أَسْلَمَ فَأُولَٰئِكَ تَحَرَّوْا رَشَدًا

وَأَمَّا الْقَاسِطُونَ فَكَانُوا لِجَهَنَّمَ حَطَبًا

“Dan sesungguhnya diantara kami ada orang-orang yang ta’at dan ada (pula) orang-orang yang menyimpang dari kebenaran. Barang siapa yang ta’at, maka mereka itu benar-benar telah memilih jalan yang lurus. Adapun orang-orang yang menyimpang dari kebenaran, maka mereka menjadi kayu api bagi neraka jahanam. (QS. A-jin 14-15)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa di kawanan jin sendiri ada jin yang taat dan ada pula yang fasik, dan yang fasik inilah yang disebut setan. Dengan demikian iblis termasuk dari golongan jin dan ia dianggap berdosa karena menolak untuk bersujud kepada Nabi Adam (perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala), seperti yang dijelaskan oleh suatu ayat yang berbunyi:

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلائِكَةِ اسْجُدُوا لآدَمَ فَسَجَدُوا إِلا إِبْلِيسَ كَانَ مِنَ الْجِنِّ فَفَسَقَ عَنْ أَمْرِ رَبِّهِ أَفَتَتَّخِذُونَهُ وَذُرِّيَّتَهُ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِي وَهُمْ لَكُمْ عَدُوٌّ بِئْسَ لِلظَّالِمِينَ بَدَلا

”Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, "Sujudlah kamu kepada Adam![11]” Maka mereka pun sujud kecuali iblis, Kecuali iblis, (dan) dia termasuk golongan jin, dan ia mendurhakai perintah Tuhannya.”(QS. Al-Khafi: 50)

Pembangkangan jin terhadap Allah karena menolak sujud kepada Nabi Adam merupakan awal dari dosa yang dilakukan iblis. Muncul pertanyaan apakah pembangkangan iblis itu karena iblis tidak sadar dengan apa yang dilakukannya dan kemudian timbul penyesalan, atau karena kesombongannya karena merasa lebih baik? Dari penjelasan beberapa ayat Al-Qur’an dijelaskan bahwa pembangkangan iblis tersebut disebabkan oleh kesombongannya karena diciptakan dari unsur yang lebih baik dari pada manusia

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

Jangan Lupa Subscribe My Channel You Tube
Naufal Azhari

No comments:

Post a Comment